Ruang Lingkup Materi Dan Prinsip-Prinsip Belajar,Pembelajaran,Dan Asesmen Prinsip-Prinsip Belajar

1.     Ruang Lingkup Materi
a. Penanganan telur
b. Embriogenesis ikan
c. Perhitungan Fekunditas
d. Perhitungan hacthing rate, survival rate, mortalitas
e. Pemeliharaan larva ikan
f. Teknik pendederan ikan (tradisional, semi intensif, intensif)
g. Teknik pembenihan ikan ramah lingkungan
h. Analisa usaha pembenihan ikan
i. Teknik rekayasa pengelolaan induk ikan
j. Teknik rekayasa pemijahan ikan (alami, semi buatan, buatan)
k. Penetasan telur dan pemeliharaan larva Prediksi daya tetas telur
l. Rekayasa teknik pemeliharaan ikan stadia larva
m. Rekayasa teknik pendederan ikan (tradisional, semi intensif, intensif)

2.     Prinsip-prinsip Belajar, Pembelajaran, dan Asesmen
Prinsip-prinsip Belajar        
a.Berfokus pada peserta didik (student center learning),
b. Peningkatan kompetensi seimbang antara pengetahuan, ketrampilan dan sikap
c.Kompetensi didukung empat pilar yaitu : inovatif, kreatif, afektif dan produktif

Pembelajaran

a. Mengamati (melihat, mengamati, membaca, mendengar, menyimak)
b. Menanya (mengajukan pertanyaan dari yang faktual sampai ke yang bersifat hipotesis
c. Pengumpulan data (menentukan data yang diperlukan, menentukan sumber data, mengumpulkan data
d. Mengasosiasi (menganalisis data, menyimpulkan dari hasil analisis data)
e. Mengkomunikasikan (menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan diagram, bagan, gambar atau media)
Penilaian/asesmen
a. Penilaian dilakukan berbasis kompetensi,
b. Peniaian tidak hanya mengukur kompetensi dasar tetapi juga kompetensi inti dan standar kompetensi lulusan.
c. Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrument utama penilaian kinerja siswa pada pembelajaran di sekolah dan industri.
d. Penilaian dalam pembelajaran pembenihan ikan dapat dilakukan secara terpadu dengan proses pembelajaran.
e. Aspek penilaian pembelajaan pembenihan ikan meliputi hasil belajar dan proses belajar siswa.
f. Penilaian dapat dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, observasi, tes praktik, penugasan, tes lisan, portofolio, jurnal, inventori, penilaian diri, dan penilaian antarteman.
g. Pengumpulan data penilaian selama proses pembelajaran melalui observasi juga penting untuk dilakukan.
h. Data aspek afektif seperti sikap ilmiah, minat, dan motivasi belajar dapat diperoleh dengan observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman.

A.     Deskripsi

Buku Pembenihan Ikan I ini akan mempelajari pengelolaan pembenihan ikan secara tradisional, semi intensif dan intensif.  Pengelolaan pembenihan ikan secara tradisional, semi intensif dan intensif akan terintegrasi dalam mempelajari setiap kompetensi dalam pembenihan ikan.  Buku ini akan membahas tentang desain dan tata letak wadah, pengelolaan wadah dan media pembenihan ikan, pengelolaan induk ikan, pemijahan ikan (alami, semi buatan, buatan).

B.     Prasyarat

Untuk mempelajari buku Teknik Pembenihan Ikan 2 ini anda terlebih dahulu telah memahami biologi perikanan, ekosistem, dasar dasar budidaya ikan, pakan ikan, pakan alami, pengelolaan kualitas air dan hama penyakit ikan. Oleh sebab itu, selama mempelajari buku ini siswa akan terbantu  jika mengingat kembali pejaran – pelajaran diatas.
Untuk dapat memahami isi buku ini, anda harus mempelajari dan memahami secara berurutan Bab demi bab serta mengerjakan setiap tugas-tugas dalam buku ini.

C.      Petunjuk Penggunaan

Buku Pembenihan Ikan 2 merupakan aplikasi dari biologi, fisika, kimia dan ekologi serta dasar program keahlian seperti pengelolaan kualitas air, kesehatan biota air dan produksi pakan alami dan buatan. Oleh sebab itu, selama mempelajari buku ini siswa akan terbantu  jika mengingat kembali pejaran – pelajaran diatas.

Untuk dapat memahami isi buku ini, siswa harus mempelajari dan memahami secara berurutan Bab demi bab serta mengerjakan setiap tugas-tugas dalam buku ini secara berurutan. Agar siswa memiliki keterampilan yang optimal, beberapa hal yang harus di laksanakandalam proses belajar mengajar adalah :

a. Buku ini dirancang sebagai bahan pembelajaran dengan pendekatan siswa aktif
b. Guru berfungsi sebagai fasilitator
c. Penggunaan buku ini dikombinasikan dengan sumber belajar yang lainnya.
d. Pembelajaran untuk pembentukan sikap spiritual dan sosial dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran kognitif dan psikomotorik
e. Lembar tugas siswa untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan isi buku memuat (apa, mengapa dan bagaimana)
f. Tugas membaca buku teks secara mendalam untuk dapat menjawab pertanyaan. Apabila pertanyaan belum terjawab, maka siswa dipersilahkan untuk mempelajari sumber belajar lainnya yang relevan.

A. Tujuan Akhir

Setelah selesai mempelajari buku ini siswa akan mampu :

1. Mendesain wadah pembenihan sesuai ukuran dan komoditas yang dipelihara
2. Memahami dosis dan jenis hormon yang di suntikkan kedalam tubuh ikan
3. Memijahkan ikan
4. Menetaskan telur dan merawat larva ikan
5. Mendederkan benih ikan
6. Menghitung padat penebaran benih ikan
7. Memberikan jenis dan jumlah pakan larva/benih ikan
8. Menangani telur ikan yang akan ditetaskan
9. Mengelola kualitas air sesuai ukuran ikan
10. Mengendalikan hama penyakit ikan
11. Memahami tindakan perlakuan pada setiap ukuran
12. Memahami penanganan pembenigan ikan dalam keadaan darurat

0 Response to "Ruang Lingkup Materi Dan Prinsip-Prinsip Belajar,Pembelajaran,Dan Asesmen Prinsip-Prinsip Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel