Cara Tehnik Pembenihan Ikan Yang Bagus


Teknik pembenihan ikan yang diterapkan memiliki pengertian penguasan
dalam mengelola pembenihan ikan sesuai komoditas. Teknisi pembenihan ikan harus memahami teknik-teknik pembenihan ikan sesuai komoditas. Setiap jenis ikan, memiliki pengelolaan yang berbeda beda sesuai dengan karakter jenis ikan. Teknik pembenihan ikan lele dan ikan patin berbeda dalam hal teknis dan pengelolaan produksi benihnya. Sebelum melakukan produksi benih ikan, harus terlebih dahulu memahami teknik pembenihan ikan sesuai dengan komoditas yang akan diproduksi.
Tehnik Pembenihan Ikan



Area budidaya harus memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, antara lain meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat, kesempatan usaha dan penyerapan tenaga kerja, serta memenuhi kebutuhan protein hewani. Dengan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi dapat menjamin keamanan areal budidaya dan keberhasilan usaha. 

Faktor sosial dan budaya merupakan perhatian yang utama dalam menentukan lokasi pembenihan ikan. Faktor sosial budaya yang perlu diperhatikan adalah keamanan, ketersediaan tenaga kerja, adat istiadat, perkembangan kota, status tanah dan sebagainya.


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi pembenihan ikan harus aman dari kemungkinan banjir dan gangguan mahluk hidup. Untuk mengetahui lokasi pembenihan bebas dari banjir dapat dilihat dari data curah hujan dan banjir tertinggi selama 5 tahun terakhir. Lokasi pembenihan ikan harus bebas dari banjir. Terjadinya banjir, apalagi yang tidak bisa diperkirakan datangnya, akan menyebabkan usaha yang telah dilakukan berbulan-bulan musnah begitu saja. Kemananan dari gangguan mahluk hidup seperti buaya, biawak, harimau, dan manusia. Sebaiknya lokasi pembenihan jauh dari habitat buaya dan biawak. Gangguan dari manusia umumnya adalah pencurian, dan meracun sungai. Sebaiknya lokasi pembenihan ikan bebas dari pencurian oleh manusia.

Ketersediaan tenaga kerja sangat penting untuk keberlangsungan usaha pembenihan ikan. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tenaga kerja adalah tingkat pendidikan dan upah minimum regional (UMR). Pendidikan tenaga kerja berhubungan dengan keterampilan yang dimiliki calon tenaga kerja tersebut. Tenaga kerja yang akan direkrut sebaiknya memiliki keterampilan bidang budidaya ikan. Tenaga kerja yang digunakan sebaiknya memenuhi kualifikasi sebagai tenaga kerja usaha pembenihan ikan. UMR juga menjadi pertimbangan dalam merekrut tenaga kerja. UMR yang tinggi dapat menyulitkan operasional pembenihan ikan.

Keberadaan pembenihan ikan sebaiknya dapat mendukung kebiasaan masyarakat sekitar. Proses atau komoditas benih yang diproduksi tidak bertentangan dengan budaya masyarakat sekitar lokasi pembenihan ikan. Hal yang dapat menjadi bertentangan dengan kebiasaan masyarakat adalah berkaitan agama, kebersihan dan aroma. Komoditas yang akan diproduksi sebaiknya tidak bertentangan dengan agama yang dianut oleh masyarakat misalnya pembenihan kodok. Beberapa kebiasaan masyarakat kodok merupakan hal yang tidak diperbolehkan oleh agama tertentu.

Sebelum menentukan lokasi pembenihan ikan, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui perkembangan kota. Perkembangan kota akan berpengaruh terhadap lingkungan usaha pembenihan ikan. Lingkungan yang berpengaruh adalah pemukiman dan aktvitas masyarakat selanjutnya akan mempengaruhi kualitas air. Selain itu, perkembangan kota juga akan berhubungan dengan ijin usaha pembenihan ikan sehingga terhindar dari penggusuran usaha tersebut. Lokasi pembenihan juga harus terletak jauh dari daerah industry dan tempat pemukiman pencemaran limbah industri dan rumah tangga bisa dihindari.

Status lahan usaha pembenihan ikan harus jelas, yakni sebagai tanah negara, tanah garapan, tanah sewa, tanah milik, atau tanah adat. Jika tanah yang digunakan untuk pembenihan ikan adalah tahah garapan, tanah sewa atau tanah adat maka surat menyurat harus jelas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pada surat tersebut harus tertulis status tanah, lama penggunaan, harga sewa dan sebagainya.

0 Response to "Cara Tehnik Pembenihan Ikan Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel