Mengkupas Parameter Fisika Air Untuk Kehidupan Ikan

Parameter fisika air

Parameter fisika air yang banyak berperan dalam penetasan telur ikan adalah suhu, warna, kecerahan dan kekeruhan air (turbidity).

1.Suhu air

Suhu air merupakan salah satu parameter fisika yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi nafsu makan dan pertumbuhan ikan. Secara garis besar, suhu air dapat mempengaruhi kegiatan metabolisme, perkembangbiakkan, pernapasan, denyut jantung dan sirkulasi darah, kegiatan enzim dan proses fisiologi lainnya pada ikan dan organisme perairan lainnya. Selain mempengaruhi pertukaran zat seperti yang telah disinggung di atas, suhu juga akan mempengaruhi kadar oksigen yang terlarut dalam air dan daya racun suatu bahan pencemar.

Semakin tinggi suhu suatu perairan semakin sedikit oksigen terlarut di dalamnya sedangkan kebutuhan oksigen setiap 10ºC oleh organisme perairan naik hampir dua kali lipat. Contoh lain yakni daya racun potasium sianida terhadap ikan akan naik dua kali lipat setiap kenaikkan suhu 10ºC. Sesuai hukum Van Hoff bahwa untuk setiap perubahan kimia, kecepatan reaksinya naik dua sampai tiga kali lipat setiap kenaikkan suhu sebesar 10º C. Suhu yang baik untuk pembenihan ikan air tawar berkisar antara 25 - 31º C.

2.Kecerahan dan kekeruhan (turbidity)

Besarnya cahaya matahari langsung yang jatuh pada suatu tempat tergantung pada musim, letak geografis, waktu, sudut jatuh, tinggi tempat dari permukaan tawar. Cahaya yang jatuh pada permukaan air sebagian akan dipantulkan dan sebagian lagi diserap ke dalam air. Cahaya yang diserap dan tingkat kekeruhan (bahan organik dan plankton) menentukan kecerahan suatu perairan.

Kecerahan yang baik untuk penetasan telur ikan adalah kecerahan dengan jumlah cahaya matahari yang masuk tidak terlalu besar sehingga proses fotosintesa dapat berjalan seimbang dan jumlah fitoplankton memadai untuk kehidupan ikan. Kisaran kecerahan perairan untuk kehidupan ikan khususnya penetasan telur ikan air tawar adalah 25 – 40 cm.

0 Response to "Mengkupas Parameter Fisika Air Untuk Kehidupan Ikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel